Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Mengatasi Insert Boot Media In Selected Boot Device And Press A Key


Sesuai judul artikel yaitu Mengatasi Insert Boot Media In Selected Boot Device And Press A Key. Mungkin sebagian besar pengguna komputer PC atau laptop pernah mengalami tampilan error seperti yang disebutkan seperti judul tersebut.

Mengatasi Insert Boot Media In Selected Boot Device And Press A Key
Mengatasi Insert Boot Media In Selected Boot Device And Press A Key

Teknisi rahayu komputer juga sering mengalami atau menjumpai problem seperti itu kepada konsumen-konsumen kami. Biasanya permasalahan atau error itu muncul disebabkan beberapa hal seperti yang akan saya uraikan dibawah ini.

Saya kutib dari berbagai sumber dan pengalaman dilapangan penyebab error Insert Boot Media In Selected Boot Device And Press A Key... ini banyak faktor antara lain :

1. Faktor usia PC  atau komputer dan laptop

Dari pengalaman di lapangan penyebab secara umum adalah usia PC atau komputer yang sudah terlalu lama dan kerja yang maksimal dalam arti tiap hari selalu digunakan untuk kerja.

2. Faktor Listrik

Selanjutnya hal yang berpengaruh terhadap error Insert Boot Media In Selected Boot Device And Press A Key adalah listrik. Kenapa kok listrik? Jika anda pengguna listrik yang sering mati atau tegangan listrik tidak stabil maka secara lambat laun salah satu kerusakan seperti tampil error Insert Boot Media In Selected Boot Device And Press A Key.

3. Banyak pengguna

Faktor berikutnya adalah dalam satu pc atau komputer / laptop biasanya tidak digunakan hanya seorang melainkan banyak orang. Semakin banyak orang yang berganti-ganti menggunakan hanya satu komputer maka besar kemungkinan komputer tersebut rentan terhadap kerusakan atau timbul permasalahan.

Beda kalau komputer tersebut hanya digunakan 1 atau maksimal 2 orang maka bisa saya pastikan komputer tersebut akan awet dalam catatan pengguna tersebut sudah familiar dalam penggunaan komputer

Dari faktor-faktor diatas sekarang kita mengulas komponen apa yang menyebabkan tampilan Insert Boot Media In Selected Boot Device And Press A Key :


1) Hardisk

Langkah awal kalau muncul error atau peringatan tersebut maka secara otomatis tidak akan bisa masuk windows seperti biasanya. Mengapa kok bisa hardisk? Sebenarnya hardisk itu bisa dideteksi tampil tidaknya waktu komputer dinyalakan maka secara otomatis akan terbaca hardisk pada system. Atau anda bisa melihatnya dengan cara masuk menu bios.

Selain itu hardisk bisa dikatakan sudah mulai korop atau rusak. Akan tetapi sepengalaman admin kalau hardisk itu akan rusak di windows akan ada tampilan peringatan bahwa hardisk mulai rusak.

2) Kabel IDE atau kabel hardisk

Komponen yang bisa menyebabkan error itu adalah kabel IDE yang menghubungkan antara hardisk dan motherboard. Sehingga data dalam hardisk tidak bisa di baca oleh motherboard dan procesor.

Setelah mengulas faktor dan mendeteksi komponen yang rusak saatnya kita mengulas cara mengatisi error itu. Tanpa ada deteksi awal atau pemeriksaan awal maka mustahil kita akan memperbaiki kerusakan tersebut.

Baiklah kita langsung aja to the point.

Cara Mengatasi Insert Boot Media In Selected Boot Device And Press A Key :


1. Ganti Hardisk Cadangan

Langkah pertama anda harus menyiapkan hardisk cadangan yang normal dan sehat (masih bisa dipakai) untuk mengecek apakah hardisk sebelummya rusak atau tidak.

Pastikan dulu komputer dalam keadaan mati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika sudah siap lepaskan kabel IDE atau sata dari hardisk asli kemudian tancapkan ke hardisk cadangan. Bila hardisk cadangan tersebut kedeteksi maka bisa dipastikan hardisk asli anda rusak.

Anda bisa juga mencopot hardisk asli tersebut dan memasang ke pc lain yang masih normal kemudian cek di bios kedeteksi atau tidak.

2. Ganti kabel IDE/ Sata

Apabila langkah pertama sudah tidak ada masalah maka lanjutkan ke langkah dua yaitu ganti kabel yang menghubungkan hardisk dan mainboard. Di beberapa kasus yang rahayu komputer tangani hal ini disebabkan karena CPU itu terkena getaran entah itu gesekan dengan kaki pengguna atau dipindah tempat sehingga timbul error itu.

Ambilah atau belilah kabel itu mungkin harganya sekitar 15 ribu tapi sebelum beli alangkah baiknya colokan antara hardisk dan kabel dibetulkan atau di goyang-goyang dikit biar pas begitu juga antara kabel dengan matherboard. Kemudian nyalakan apakah bisa masuk windows.

3. Kabel IDE/Sata tidak menancap dengan pas

Cara ketiga ini mungkin hanya sepele yaitu memposisikan kabel dengan pas atau tepat antara hardisk dan motherboard sehingga ketika dinyalakan bisa normal kembali.

Mungkin itu saja yang pernah teknisi rahayu komputer alami dan dapat dibagikan semoga cara diatas bisa bermanfaat dan bisa menyelesaikan problem anda. Terima kasih telah membaca cara Cara Mengatasi Insert Boot Media In Selected Boot Device And Press A Key pada komputer atau laptop.

Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesa di kotak komentar secepatnya akan kami beri jawaban semampu kami. Salam sukses

Posting Komentar untuk "#Mengatasi Insert Boot Media In Selected Boot Device And Press A Key"