Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghapus virus .eml dengan cepat dalam waktu 5 menit [terbukti]

Cara menghapus virus berekstensi .eml - Belakangan ini di komputer saya di kantor sangat banyak virus berekstensi eml. Tragisnya lagi virus ini bersembunyi ditiap folder file, jadi setiap kali membuka folder tersimpan selalu ada virus eml ini.

Penyebab virus ini muncul karena flasdisk, dan ternyata penyebab virus dari flasdisk lebih cepat terinfeksi dari pada internet. Jika flasdisk sering dipakai berganti-ganti komputer atau laptop apalagi kalau sering keluar masuk rental komputer. Kemungkinan flashdisk terinfeksi virus semakin besar.
Selain dari flashdisk virus ini juga bisa menyebar melalui jaringan dengan cara share data sehingg ketika file dari komputer lain dibuka dari komputer yang telah terinfeksi virus .eml kemungkinan besar komputer yang bersih bisa terinfeksi dari komputer yang telah kena virus.

Cara menghapus Virus Runouce.exe dan readme.eml atau eml
cara menghapus virus eml

Namun pada kasus saya virus eml ini menginfeksi PC saya karena banyak keluar masuk flashdisk yang tertancap di komputer saya. Dan selama ini saya mengamati rekan-rekan saya yang sering membawa flashdisknya ke rental komputer kemudian flashdisk tersebut di tancapkan di komputer saya kebanyakan langsung kedetek sebagai virus oleh anti virus yang saya pasang.

Perlu diketahui anti virus yang saya pasang adalah AVG Free dan SMADAV Free juga. Maklum belum bisa beli yang premium jadi nyari yang free aja.

Dari antivirus yang saya pasang tadi ternyata tidak mampu mendeteksi virus berektensi .eml, virus ini kalau sudah dihapus selalu kembali. Seolah olah virus eml ini merestore system komputer yang telah diinfeksinya.

Terus bagaimana menghapus virus eml pada komputer atau laptop.

Perlu saya beritahu sebelumnya bahwa cara ini saya praktekkan pada system operasi windows 7, untuk windows diatasnya atau dibawahnya silahkan menyesuaikan atau bereksperimen sendiri.

Berikut cara-cara yang pernah saya gunakan untuk menghapus secara permanen virus eml pada komputer :


1. Menonaktifkan system restore pada system (Drive C) 


Caranya :

a) Pertama putuskan koneksi jaringan baik jaringan internet maupun jaringan lokal. Karena virus ini mudah di tularkan juga dengan saling terhubung antara jaringan komputer.

b) Jika langkah pertama sudah dilakukan, pada langkah kedua klik pada tombol Start, lalu klik kanan pada Computer kemudian pilih Propertis

Menghapus virus .eml
Jendela Computer


c) Maka akan tampil jendela baru system computer. Cari menu Advanced system setting klik satu kali lalu tampil lagi jendela System Properties.

Menghapus virus .eml
System Protperties


d) Setelah jendela System Properties tampil cari tab System Protection. Seperti gambar dibawah ini terdapat tiga pilihan drives C, D, E. Pastikan pada drives C (system) pada posisi off agar virus eml tidak merestore atau kembali lagi, jika nanti virus eml ini di hapus. Untuk meng-off kan Drive C caranya klik tombol Configure lalu pilih Turn off system protection kemudian klik tombol OK.

Setelah cara diatas dilakukan langkah selanjutnya adalah penghapusan virus eml yang ada di komputer. Caranya cukup mudah ikuti langkah-demi langkah dibawah ini.


2. Menghapus virus eml dengan cara lewat CMD 


Caranya :

a) Langkah pertama klik Start lagi atau tombol Windows + R kemudian ketik cmd untuk memunculkan command promp,

b) Setelah muncul jendela Command promp ketikkan perintah berikut ini :
del /s/f/q c:\*.eml          (untuk menghapus segala file ekstensi “eml” di drive c)
del /s/f/q d:\*.eml         (untuk menghapus segala file ekstensi “eml” di drive d)
del /s/f/q e:\*.eml          (untuk menghapus segala file ekstensi “eml” di drive e)   
              
Silahkan diketik satu persatu perintah diatas, jangan sampai salah. Mulailah dari drive C, D, E atau sesuaikan dengan komputer atau lapotp anda.

Dengan cara diatas virus eml dikomputer saya akhinya bisa hilang, tinggal menghapus virus eml di komputer lain.

Demikian tutorial singkat tentang menghapus virus .eml di komputer. Nama virus eml sengaja tidak saya tulis karena kadang mirip dengan nama media yang ditularkan seperti ditempat saya namanya fd.eml, ada yang readme.eml


Kesimpulannya


Kalau ada file mencurigakan berektensi (nama).eml berarti itu adalah virus. Memang tidak terlalu membahayakan akan tetapi kadang bisa menginfeksi file bertipe .exe seperti file instaler.
Sehingga file bertipe .exe terdeteksi oleh anti virus saya sebagai virus. Jadi lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Posting Komentar untuk "Menghapus virus .eml dengan cepat dalam waktu 5 menit [terbukti]"