Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CPU Fan Error! Press F1 to Resume, Begini Cara Mengatasinya

Cara mengatasi CPU Fan Error! Press F1 to Resume – Admin baru aja mendapat panggilan dari seorang konsumen dari rahayu komputer bahwa PC nya tidak nyala. Akhirnya admin langsung menuju TKP setelah sekian jam akhirnya komputernya bisa nyala.

Mengatasi CPU Fan Error! Press F1 to Resume
CPU Fan Error! Press F1 to Resume

Namun ketika baru menyala pada tampilan awal terdapat pesan error yang kira-kira kalimatnya seperti ini “CPU Fan Error” dan dibawahnya ada perintah “Press F1 to Resume”.

Apa yang kami lakukan?


Seperti biasa kami mengira bahwa masalah tersebut disebabkan karena fan CPU mulai bermasalah namun setelah kami buka ternyata masih normal. Kami melepas fun dari motherboard dan membersihkannya juga tak lupa kami juga memberikan pasta pada prosesor namun hasilnya masih nihil. Peringatan CPU fan error masih tetap muncul ketika awal dinyalakan.

Bahkan kami juga menggantinya karena kami kira kaki-kaki dari fun tersebut mulai renggang makanya kami menggantinya. Namun hasil dari semua yang kami lakukan belum bisa mengatasi masalah CPU Fan Error.

Cara mengatasi CPU Fan Error 


Setelah berbagai cara tidak berhasil mulai dari membersihkan kipas prosesor, menambah pasta prosesor dan mengganti dengan Fan baru tidak membuahkan hasil maka ada satu cara yang bisa kami lakukan namun cara ini tidak direkomendasikan.

Dari problem diatas dan dibaca berulang ulang serta mencari solusi dari sana sini sampai browsing kesana kesitu juga ada satu cara yang mungkin bisa anda lakukan juga jika permasalahn sama seperti kami.

Sebenarnya error tersebut merupakan peringatan dari sebuah system yang dideteksi oleh motherboard dalam kasus kami. Konsumen kami kebetulan memakai motherboard yang lumayan keluaran baru.

Berikut cara mengatasi CPU Fan Error :


# Cara 1 : Mengatasi CPU Fan Error, press F1 to Resume ;


  1. Matikan komputer dan lepaskan kabel power dari listrik
  2. Buka casing komputer, 
  3. Lepaskan baut-baut yang menempel di motherboard
  4. Lepaskan kipas prosesor dari motherboard, ketika melepaskan harus hati-hati karena dikawatirkan akan merusak kaki-kaki pengunci kipas prosesor. Karena kalau kaki satu saja rusak fun prosesor tidak akan maksimal kerjanya bahkan mungkin PC tidak mau menyala. Jika anda masih dalam tahap belajar melepas Fun prosesor lebih baik jangan dilakukan, panggilah yang lebih ahli dalam hal bongkar pasang PC atau tukang service PC agar tidak berisiko.
  5. Setelah kipas prosesor terlepas bersihkan semuanya dari debu yang menempel kebanyakan kipas rusak karena banyakknya debu yang menempel di kipas padahal fungsi kipas sangat fital untuk memberi pendingin dari prosesor tersebut.
  6. Periksa apakah ada keausan dari kipas itu jika iya silahkan ganti dengan kipas baru.
  7. Setelah kipas dibersihkan berikan pasta pada prosesor dan pendingin prosesor agar kerjanya maksimal.
  8. Kemudian coba nyalakan apakah bisa menyala atau tidak.
Jika sudah menyala normal tanpa adanya pesan CPU Fan Error berarti sudah normal. Namun jika cara 1 diatas belum bisa mengatasi masalah tersebut maka gunakan cara 2 dibawah ini. Namun cara ini tidak dianjurkan bila ada hal yang tidak diinginkan bukan tanggung jawab kami, resiko ditanggung sendiri-sendiri.

Perlu diketahui kalau kita membiarkan pesan itu muncul terus kita jadi lebih ribet ketika akan menyalakan komputer harus pencet ini itulah dan jika dilakukan tiap hari tentu akan malas kita akan pegang komputer itu.

Silahkan ikuti cara 2 dibawah ini untuk solusi terakhir dan sangat manjur diterapkan.

# Cara 2 : Mengatasi CPU Fan Error, press F1 to Resume ;


  1. Restart Laptop atau Komputer
  2. Masuk menu bios dengan cara menekan tombol del/ F2/ F10/ F12 (pilih sesuai dengan kebutuhan komputer anda)
  3. Setelah masuk ke Menu BIOS maka langkah selanjutnya mencari Menu Boot
  4. Cari menu Boot Setting Configuration 
    Mengatasi CPU Fan Error! Press F1 to Resume
    Menu boot 
  5. Cari menu Wait For F1 if Error atau yang sejenisnya
    Mengatasi CPU Fan Error! Press F1 to Resume
    Menu Wait For F1 If Error
  6. Setelah menemukan menu Wait For F1 if Error pilih disable
  7. Kemudian restart komputer anda.
Dan lihat hasilnya saya yakin pasti berhasil jika melakukan secara urut dari cara diatas.

Dari cara kedua untuk mengatasi CPU fun error tersebut merupakan solusi terakhir jika dari cara-cara sebelumnya telah dilakukan namun tidak membuahkan hasil, yaitu cara seperti saya uraikan diatas. Seperti membersihkan Fan Prosesor, mengganti atau menambah pasta prosesor.

Dan cara ini tidak kami rekomendasikan dan jika ada efek dari cara ini bukan lagi tanggung jawab kami. Kami hanya mencoba memberikan solusi yang perlu dipertimbangkan ulang.

Namun selama saya menggunakan cara diatas , konsumen rahayu komputer belum ada komplain dan semoga berjalan lancar. Karena saya lihat memang kipas CPU masih berjalan normal dan antara pendingin dari prosesor masih menempel dan masih baik.

Semoga cara yang kami lakukan yaitu mengatasi CPU fan error, press F1 to Resume bisa menjadi rujukan atau solusi terakhir dari permasalahan anda.

Sekian sharing cara mengatasi CPU Fan Error! Press F1 to Resume semoga bermanfaat..

1 komentar untuk "CPU Fan Error! Press F1 to Resume, Begini Cara Mengatasinya"