Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Antivirus Windows 10 yang Benar

Cara mematikan antivirus windows 10, Salam hangat jumpa lagi dengan coretan saya sebagai teknisi komputer. Di kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara mematikan anti virus pada windows 10.

Cara Mematikan Antivirus Windows 10


Sebenarnya untuk mematikan antivirus pada sistem operasi windows ini sangat mudah. Namun yang jadi masalah adalah anda belum pernah berpengalaman dalam hal ini.

Windows 10 merupakan sistem operasi yang sudah dilengkapi keamanan yang lebih baik dari windows sebelumnya.

Sebagai seorang teknisi service komputer dan laptop mungkin sudah sering melakukan hal ini untuk menginstal beberapa program agar lancar dan tanpa terkendala apapun.

Menurut saya sistem keamanan pada windows 10 ini sudah sangat baik walaupun tidak dipasang dengan anti virus tambahan seperti pendahulu-pendahulunya dimana kita harus menginstal program antivirus.


Fungsi antivirus

Anti virus sebenarnya baik untuk menangkal virus utamanya yang akan menyerang sistem komputer atau data-data penting didalamnya. Dengan adanya anti virus yang terpasang di komputer data akan lebih aman.

Jadi apabila komputer anda sudah terpasang sistem keamanan yaitu anti virus lebih baik selalu diaktifkan, apabila memang perlu dinonaktifkan maka nonaktifkan untuk sementara waktu dan mengaktifkan kembali apabila sudah selesai penggunaannya.

Anda tahu tidak?

Kehilangan data itu lebih sakit dari pada kehilangan uang seratus ribu. Karena ongkos menyelamatkan data itu lebih mahal harganya dari pada menjaganya.


Media yang sering di gunakan Virus menyerang PC

media yang sering mudah menularkan virus dari pengalaman di lapangan adalah flasdisk. Flasdisk sangat rentan dan mudah sekali dalam menyebarkan virus.

Yang kedua adalah software yang tidak resmi. Mungkin dari anda pernah memasang program atau sofware yang tidak resmi dikomputer. Kalau anda tidak jeli dan teliti hal itu bisa berakibat fatal jika anda sembarang menjalankannya.

Dan kedua hal diatas sering terjadi pada orang yang awam terhadap komputer atau laptop.

Jadi sebaiknya anti virus itu harus tetap ada di komputer gunakan seperlunya apabila memang perlu dinonaktikan dan selanjutnya aktifkan lagi.


Cara mematikan antivirus windows 10

Ada beberapa cara menonaktifkan sementara pada windows 10 yang bisa anda lakukan silahkan pilih yang menurut anda mudah. 

1. Menonaktikan melalui menu setting

Cara pertama yang sering saya lakukan adalah dengan menggunakan metode ini, silahkan itu panduannya berikut ini 
1) Silahkan klik pada menu Start lalu pilih Setting

cara menonaktifkan antivirus windows 10

2) Kemudian pilih dan klik menu Update & Security 

cara menonaktifkan antivirus windows 10

3) Setelah itu klik pada menu Windows Security

cara menonaktifkan antivirus windows 10

4) Selanjutnya klik pada bagian menu Virus & Threat Protection
5) Selanjutnya tombol pilih Manage and Setting pada bagian bawah Virus & Threat Protection Settings

cara menonaktifkan antivirus windows 10

6) Lalu pada  tombol opsi Real Time Protection, Cloud-Delivered Protection, dan Automatic Sample Submission yang tadinya “On” menjadi “Off” 

cara menonaktifkan antivirus windows 10

Dengan langkah-langkah diatas maka antivirus yang sedang berjalan di PC kamu sudah tidak aktif lagi untuk sementara waktu. Jika sudah tidak digunakan silahkan aktifkan lagi untuk melindungi data anda.


2. Mematikan antivirus windows 10 dengan CMD

Selain dengan cara pertama anda bisa menggunakan cara yang kedua ini sebagai berikut:
1) Silahkan klik pada kolom Windows Search, Ketik pada kotak pencairan tersebut kata cmd

cara menonaktifkan antivirus windows 10


2) Jika sudah muncul ikon CMD pilih dan klik pada  Run as administrator.

cara menonaktifkan antivirus windows 10


3) Berikutnya ketik perintah untuk menonaktifkan antivirusnya adalah sc stop WinDefend lalu tekan Enter untuk mengeksekusi. Tunggu prosesnya beberapa saat. hingga selesai.

cara menonaktifkan antivirus windows 10

5) Sedangkan untuk perintah untuk mengaktifkannya kembali adalah dengan mengetikkan teks sc start WinDefend. Pada kotak cmd seperti yg diatas. lalu tekan Enter

Cara ini juga digunakan untuk menonatifkan untuk sementara waktu. Apabila PC atau laptop dimatikan maka antivirus akan kembali pada posisi ON atau aktif.

Itulah beberapa cara untuk mematikan antivurus pada windows 10 yang bisa anda coba. Semoga berhasil dan mudah dipraktikkan.

Saran untuk penggunaan anti virus

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, anti virus penting untuk PC atau laptop. Jangan sampai di PC atau laptop anda itu tidak terpasang atau mengaktifkan anti virus. 

Kalau komputer anda tidak sharing jaringan dan yang menggunakan anda sendiri mungkin presentasi aman lebih besar. Akan tetapi jika komputer itu dipakai orang banyak wajib antivirus itu terpasang di PC atau laptop

Posting Komentar untuk " Cara Mematikan Antivirus Windows 10 yang Benar"