Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki power supply mati dan Berhasil...

Cara memperbaiki power supply mati - Dari pengalaman dilapangan dan berbagai macam percobaan memperbaiki power supply pada komputer terutama komputer dekstop. Power supply adalah sumber utama listrik untuk menghidupkan sebuah PC atau komputer. Jika power supply mati, atau komponen lemah maupun konslet maka hampir dipastikan Komputer anda tidak akan menyala alias mati total.

Tapi jangan panik atau bingung jika PC anda tidak menyala tenangkan pikiran duduk manis buka laptop atau HP anda yang penting ada koneksi internet. Trus buka deh om google ketik dan cari solusinya di om google dijamin pasti ada solusinya. Akan tetapi jika anda tidak familiar dengan hal membongkar PC atau komputer lebih baik serahkan pada ahlinya. Salah satunya blog ini Rahayu Komputer yang bergerak dalam bidang service komputer dan laptop panggilan, waduh jadi promo hehe..

Cara memperbaiki power supply mati

Adapun Tanda-tanda kerusakan power supply pada komputer yang berdasar dari pengalaman kami dilapangan adalah sebagai berikut :


  1. Kipas pada power supply tidak menyala
  2. Kipas pada mainboard juga tidak menyala
  3. Bau sangit pada komponen power supply
  4. PC atau komputer tidak ada reaksi apa-apa ketika ditekan tombol power.

Tapi pada point 3 (tiga) diatas penyebabnya bukan hanya power supply saja bisa juga mainboard, memory dan banyak lain hal. Karena sebuah perangkat komputer saling berkaitan antara komponen satu dengan komponen yang lain. Jadi khusus pada point 3 adalah salah satu sebab komputer tidak menyala, salah satunya power supply.

Melanjutkan tetang kerusakan pada power supply diatas. Jika anda penasaran atau mempunyai waktu luang berikut tips-tips yang bisa anda praktekkan untuk memperbaiki power supply anda.

Bisa juga tips ini dikhususkan bagi anda yang minim budget hehe,..he bercanda. Tapi ya bisa juga seperti saya pada awalnya juga penasaran masak tiap rusak power supply harus beli baru. Ngirit…jon…. Kan lumayan jadi tambah ilmunya tentang service perangkat komputer.

Berikut cara memperbaiki power supply yang mati rusak berdasarkan pengalaman dan berbagai sumber termasuk mbah google.

1. Buka casing CPU komputer

2. Lepaskan komponen power supply dari Komputer atau CPU anda.

3. Cari kawat yang panjannya kira-kira 5 – 10 cm kemudian tes atau bisa menggunakan klip kertas yang diluruskan

4. Pegang kabel utama dari PSU, lalu hubungkan ujung kabel WARNA HIJAU dengan HITAM (yang penting hitam) dari salah satu kabel itu. Ingat! Yang jadi titik tolak logika adalah menghubungkan ujung kabel HIJAU dengan kabel lain. Sebenarnya boleh juga antara hijau dan merah, hijau dan kuning, yang penting salah satunya adalah HIJAU. Lihat caranya pada gambar dibawah ini.

Cara memperbaiki power supply mati

Jika pada percobaan nomor 4 (empat) indikator kipas power supply tidak berputar bisa dipastikan komponen dari power suplly ada yang rusak. Maka ikuti langkah ke 5 (lima) dibawah

5. Buka penutup power supply anda. Kemudian lihat komponen-komponen di dalam power supply dengan teliti, seperti contoh kerusakan power supply yang kami tangani dibawah ini ada elco-elco yang menggelembung, jadi lepaskan elco tadi dari tempatnya kemudian gantilah elco yang baru.

Cara memperbaiki power supply mati


6. Setelah elco tadi saya ganti baru ketika saya tes dengan cara pada point 4 (empat) alhamdulillah sudah menyala lagi dan bisa digunakan.

Ingat cara diatas dikususkan bagi anda yang berani mencoba dan berani menerima resiko. Karena tutorial cara memperbaiki power supply diatas tidak bisa seratus persen memperbaiki power suplly anda. Setiap permasalahan power supply tidak sama antara yang satu dengan yang lain.

Jadi Segala resiko yang timbul bukan tanggung jawab kami melainkan tanggung jawab anda sendiri. Maka sebaiknya dipikir matang-matang dahulu sebelum mencoba cara diatas.

Semakin anda banyak mencoba semakin ahli anda dalam menguasai suatu hal. Terima kasih telah membaca artikel singkat tentang cara memperbaiki power supply yang rusak. Semoga bisa membantu masalah anda.

Jika anda telah berhasil memperbaiki power supply yang rusak anda tidak dengan cara diatas boleh lah penulis tahu ilmunya dengan cara berkomentar dibawah.

Dan bagi pembaca yang masih bingung juga dipersilahkan berkomentar pada blog ini barangkali admin bisa membantu permasalah yang anda hadapi tentang masalah kerusakan komputer. Karena media ini selain sarana promosi jasa kami juga sebagai tukar pengalaman dari tentang ilmu komputer utamanya bidang hardware.


14 komentar untuk "Cara memperbaiki power supply mati dan Berhasil..."

  1. Mw tnya gan,
    Kmren komputer di sklah mati ttal trus dbwa ke tkang servisnya trnyata ktnya power supply nya yg mati dan hrus diganti. Stlah slsai diservis trnyata komputernya ndak bsa di shutdown,klo dishutdown hidup lgi. Stlah 3hri trnyata pas mw di colokkan kbel yg cpu ke listrik ada percikan sprti api pas mw di hdupkn trnyata tidak bsa gan. Komputernya kmbli mati tidak ada reaksi. Tlong pncerahannya y .. trims

    BalasHapus
  2. Mw tnya gan
    Kmrin komputer di sklah mati stlah di bwa ke tukang servis komputer trnya power supply nya rusak dan minta dgnti. Stlah slsai di servis trnyata komputer klo di shutdown slalu hdup lgi. Eh, stlah 3hri pas mw di colokkan kbel cpu yg ke listrik itu ada sprti ada percikan api. Ktika mw di hdupkn trnyata komputernya mti total sperti kmrin. Msa iy, hrus gnti power supply lg.????
    Tlong gan pncrahannya soal ksus ini. Trima ksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dishutdown hidup lagi pengaturan dibiosnya, coba silahkan diatur defaultnya.
      Dicek dulu power supplnya cabut semua power supply yang menancap dimainboard. Tes seperti gambar diatas
      kalau nyala berrarti bukan power supplnya.
      berarrti bisa juga merambat dimainboard

      Hapus
  3. Psu saya dell kalo di hub kabel hijau ke hitam kipas muter tp cm sebentar lalu mati kira2 apanya nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dibuka power suplynya kemudian cari atau amati komponen yang ada didalamnya barang kali ada yang aus seperti dalam tutorial

      Hapus
  4. SUKSES! Thanks bro, pc gua bisa hidup lagi, padahal ini gua nyoba2 aja ngikutin saran dr blog lu, eh jdi sukses :D

    BalasHapus
  5. Met pagi.
    Spu enlight 450w saya matot..trus saya ganti ama spu lawas 450w. Sebelumnya, spu lawas saya test dgn kabel hijau hitam kipas muter, tp saat ditancapkan ke mobo, kipas spu mati, smua hardware cpu gak jalan, cuma lampu led yg ada d mobo menyala. Saya cabut lagi psu dr mobo, trus test lagi kabel hijau hitam kipas nyala kembali. Apa yg terjadi ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika di coba dengan power supply lain(yang normal) nyala pa tidak?, Jika tidak bisa yang bermasalah berarti mainboardnya. Coba cabut semua kabel atau bersihkan procecornya

      Hapus
  6. psu saya sepertinya rusak gara2 tegangan gak stabil awalnya normal trus tiba2 meredup kipasnya pun melambat kya kurang tenaga eh gak lama tiba2 langsung suara kipas kencang dan ada bunyi keras dalam psu dan ada keluar asapnya.. dan langsung mati.
    setelah saya pisahkan psu sama main board saya test lagi idupin psunya ternyatana kipas berputar idup tapi di psu kluar asap dan langsung mati sampai mcb rumah jeglek ikut mati kira2 bisa diperbaikin gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah awal bisa dicoba dengan power supply milik PC lain yang sehat, Jika dipastikan PSUnya lebih baik diganti saja. PSU yang biasa harganya kisaran 150 rb

      Hapus
    2. power supply saya setelah malakulan langkah ke 4 menyala,
      setelah itu apa yang saya lakukan?

      Hapus
  7. mohon pencerahannya, setelah saya melakukan langkah ke 4 , power supply menyala.
    setelah itu apa yang harus dilakukan?

    BalasHapus