Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan lan sederhana

Untuk membuat jaringan lan sederhana jika kita mulai nol tentu dibutuhkan banyak biaya tapi jika kita sudah mempunyai alat-alat tersebut suatu saat atau saat dibutuhkan tidak akan beli-beli lagi.

Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan lan sederhana
Alat yang digunakan untuk membangun lan

Yang saya maksud jaringan sederhana disini adalah jaringan lan yang terhubung tidak lebih dari 5 atau 10 komputer. Dengan adanya jaringan sederhana ini memudahkan pekerjaan kita mengakses data dari komputer satu ke komputer yang lain.

Contoh penggunaannya adalah yang paling mudah dan mungkin anda pernah menjumpainya atau bahkan memakainya yaitu rental komputer. Pada rental komputer biasanya ada lebih dari 2 unit komputer bisa 3, 4, 5 atau lebih. Saya ambil contoh rental komputer karena mudah dijumpai dan mungkin sering kita menggunakannya.

Sebagai contoh kalau kita mengetik kemudian ingin mencetak pasti file atau data anda akan diambil melalui komputer operator dari rental tersebut. Karena jarang atau tidak mungkin pada rental komputer setiap komputer akan diberi printer tiap unitnya.

Jika kita memasang printer tiap unit komputer rental otomatis biaya akan lebih besar karena harus membeli printer per tiap unit komputer. Tetapi jika menggunakan jaringan lan anda hanya membuat satu unit untuk dijadikan akses bagi komputer lain untuk mencetak.

Dengan begitu akan menghemat biaya operasional dan perawatannya. Karena untuk biaya service printer juga tidak sedikit.

Lantas alat-alat apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat jaringan lan sederhana jika dimulai dari nol :

1. Tang krimping

Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan lan sederhana
Tang Krimping

Tang krimping lo ya.. bukan tang kawat. Fungsi dari alat ini ada banyak antara lain untuk memotong kabel lan, Mengupas kabel lan dan yang paling penting untuk memasang RJ 45 pada ujung-ujung kabel lan. Tanpa alat ini mustahil kita membuat jaringan lan. Ada model kabel yang dijual dalam bentuk sudah jadi tapi pangjangnya kurang lebih 1,5 meter.

Alat ini wajib ada ya guys kalau belum mampu beli atau ragu-ragu beli anda bisa meminjam teman atau kerabat yang punya tang krimping

2. Kabel Lan

Kabel UTP

Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan lan adalah kabel lan. Jenis kabel lan yang sering digunakan untuk membangun LAN adalah jenis kabel UTP (Unshielded Twisted Pair). Kabel lan ini ada berbagai macam harga tentu saja seperti barang-barang pada umumnya ada yang murah ada yang mahal dan ada yang sedang-sedang saja.

Kalau boleh saya sarankan carilah kabel yang harga standart kalau jaringan anda hanya sharing data berupa file saja jangan menggunakan kabel lan yang harganya terlalu murah karena tidak akan bertahan lama.

3. RJ 45 

Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan lan sederhana
Konektor RJ-45


RJ-45 adalah konektor antara kabel lan dan swicth hub. RJ-45 kebanyakan terdiri dari 8 pin lubang yang digunakan untuk menjepit kabel lan. RJ-45 ini wajib anda punyai.

4. Kabel Tester 

Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan lan sederhana
Kabel Tester


Alat ini deperlukan untuk mengetahui apakah kabel lan tersebut sudah tersambung dengan benar atau belum. Sebelum menggunakan alat ini anda harus memasang RJ-45 pada tiap ujung-ujung kabel sebagai konektor antar switch hub dengan komputer nantinya.

Fungsi alat ini antara lain sebagai alat untuk mendetaksi putus atau tidaknya kabel yang digunakan untuk jaringan dan untuk menguji kabel apakah akan mengatarkan data dengan baik atau tidak.


5. Swicth Hub

Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan lan sederhana
Swicth Hub 8 Port


Swicth hub adalah terminal tempat bertemunya kabel-kabel lan jaringan antar komputer satu dengan komputer yang lain. Biasanya swicth hub ini terbagai menjadi beberapa port mulai dari 8, 16, 25 dan lain sebagainya.

Swicth hub menurut saya adalah terminalnya kabel lan disitu pusat pertukaran data atau file yang diproses oleh komputer yang sedang digunakan.

Alat-alat yang saya sebutkan diatas adalah alat minimal yang harus ada ketika anda mulai membangun jaringan lan yang dimulai dari nol. Dengan alat ini anda bisa membuat jaringan lan tanpa harus memanggil teknisi ahli anda bisa belajar secara otodidak atau anda bisa mengajak teman anda yang lebih berpengalaman.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi alat-alat yang dibutuhkan untuk membangun jaringan lan.

Jangan lupa baca artikel yang berjudul cara membangun jaringan lan sederhana 

Posting Komentar untuk "Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan lan sederhana"