Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Load Driver A required CD/DVD drive device driver is missing pada windows

Kali ini rahayu komputer akan membahasa tentang cara Mengatasi Load Driver A required CD/DVD drive device driver is missing padawindows.

Error Load Driver A required CD/DVD drive device driver is missing  ini biasanya muncul ketika kita menginstal sistem operasi windows apakah itu windows 7, 8 atau 10 yang artinya pada proses  Install Windows Gagal menemukan driver pada CD/DVD yang diperlukan.

Mengatasi Load Driver A required CD/DVD drive device driver is missing pada windows
Load Driver A required CD/DVD drive device driver is missing pada windows


Jika seorang teknisi mungkin hal ini sudah menjadi kegiatan rutin yang dialami, namun beda hal kalau anda seorang yang jarang atau bahkan tidak pernah menginstal operating sistem error load driver a required CD/DVD drive device driver is missing bisa membuat kita pusing.

Dari pengalaman yang pernah saya alami dalam menangani error load driver waktu instal adalah sebagai berikut :


1. Gunakan Port USB 2.0 atau selain Port USB 3.0

Pada laptop keluaran terbaru saat ini banyak perkembangan dibidang teknologi salahsatunya komputer banyak PC ataupun laptop yang sudah memasang port USB 3. Biasanya warna dari port USB 3.0 ini adalah berwarna biru. Dari pengalaman dilapangan ketika menginstal ulang windows memakai flasdisk hampir dipastikan muncul error Load Driver A required CD/DVD drive device driver is missing karena kebanyakan flasdisk sekarang masih banyak menggunakan port USB 2.0. solusinya ganti atau pindahkan flasdisk pada port usb selain yang berwarna biru biasanya berwarna hitam. Kemudian restart PC atau laptop untuk memulai ulang

2. Pengaturan BIOS

Jika anda sudah mencoba langkah pertama namun belum berhasil lanjutkan dengan langkah ke dua ini. Yaitu masuk ke menu bios PC atau laptop anda kemudian ubah storage konfiguration Ubah driver hardisk dari SATA ke AHCI atau AHCI ke IDE.  Tiap PC atau laptop beda-beda letak storage konfigurationnya. Silahkan analisa dan amati sendiri menu bios PC anda. Kemudian anda save dan restart laptop anda.

3. Rusaknya File Instaler pada Flasdisk/CD

Error Load Driver A required CD/DVD drive device driver is missing bukan hanya terjadi karena port USB ataupun pengaturan bios tetapi bisa juga disebabkan file instaler yang anda gunakan terjadi corrupt atau bisa juga file windowsnya yang corrupt. Jika itu terjadi coba buat file instaler lagi dengan  flasdisk atau dengan CD R kosong kemudian burning lagi.

4. Tidak support windows lama

Terkadang beberapa keluaran Laptop terbaru sudah tidak support windows 7 lagi hanya bisa di instal windows 8 ataupun diatasnya seperti yang terbaru ini yaitu windows 10. Sehingga ketika akan menginstal windows 7 pasti akan muncul error seperti Load Driver A required CD/DVD drive device driver is missing. Karena memang pihak microsoft sudah tidak mensupport lagi update windows 7 jadi banyak pihak terutama pengembang hardware harus menyesuaikan perkembangan teknologi.
Untuk mengatasinya anda harus update bios pada perangkat laptop anda, anda harus download driver BIOS yang dibutuhkan dengan tipe laptop anda dan biasanya pihak pengembang menyediakan di situs webnya.

Saya pernah mengalami hal ini waktu itu mau instal windows 7 pada laptop asus x200ma, saya mau instal ulang dengan windows 7 tetap gagal terus setelah saya mencari informasi ternyata memang laptop tersebut tidak bisa di instal dengan windows 7 dan minimal harus windows 8. Agar bisa di instal maka harus update biosnya. Hal ini pernah saya bahas pada artikel saya cara instal windows 7 pada asus x200ma

5.  Format total hardisk

Ini saya tulis menjadi solusi terakhir yang pernah saya gunakan karena melakukannya. Dalam arti begini hardisk itu bisa digunakan atau PC atau laptop itu bisa digunakan kalau partisi hardisknya dirubah. Jadi matu tidak mau harus memback up dulu data-data yang ada didalam hardisk ke dalam media hardisk eksternal.

Sebabnya adalah seperti yang saya tulis pada point 4. Laptop hanya bisa diinstal windows 8 atau 10. Nah karena permintaan konsumen yang masing belum familiar dengan windows tersebut maka dia meminta menggunakan windows 7 akhirnya saya harus memback up data dan memformat tipe partisi pada hardisk laptop tersebut.

Semoga tulisan diatas bisa membantu anda mengatasi masalah error Load Driver A required CD/DVD drive device driver is missing yang anda sedang mengalaminya. Tidak semua cara bisa diselesaikan dengan cara yang sama tergantung kecerdasan dan kreatifitas kita dalam memecahkan masalah.

Sekian semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan mengenai pembahasan topik kali ini tentang mengatasi masalah load driver silahkan meninggalkan komentar dibawah saya akan senang jika bisa membantu dan menyelesaikan permasalahnnya.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Load Driver A required CD/DVD drive device driver is missing pada windows"