Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 (Terbaru)

Cara membuat bootable flashdisk windows 10 pada saat ini sangat mudah dilakukan, untuk itu pada halaman ini saya akan membagikan secara khusus kepada anda yang ingin membuat bootable flasdisk windows 10 dengan media flashdisk.

Cara membuat bootable flashdisk windows 10
Cara membuat bootable flashdisk windows 10

Kalau pada era dahulu untuk menginstal windows itu menggunakan media CD dengan perkembangan jaman sekarang sudah beralih ke media flashdisk.

Tentu hal ini menjadi baik karena kalau dengan media flashdisk tentu lebih mudah dan gampang dan juga bisa dibuat berulang kali selain untuk menyimpan data juga bisa untuk instal ulang.

Untuk membuat bootable windows berupa flashdisk tentu harus mempunyai beberapa alat yang harus disediakan agar pembuatan bootable windows berhasil dengan baik dan bisa digunakan.

Sebelum membahas tentang alat alat yang digunakan, beberapa alasan mengapa anda harus mengganti windows anda dengan windows 10. Karena memang windows 10 sudah di entegrasikan dengan program-program yang terbaru.

Jika anda masih bertahan pada windows 7 atau 8 pada saatnya anda akan dipaksa untuk beralih kesistem operasi yang lebih baru contohnya windows 10.

Karena program-program yang terinstal di komputer anda saat ini juga lama kelamaan tidak akan mensupport dengan sistem operasi dibawah windows 10.

Mulai sekarang saatnya anda beralih ke windows 10 dan rasakan perbedaaanya.


Alat yang perlu disediakan untuk membuat bootable flashdisk windows 10
  • Media Flashdisk 8 GB atau lebih
  • File iso Windows 10, Jika belumnya punya silahkan unduh pada link download windows 10
  • Aplikasi Bootable Rufus, anda bisa mengunduhnya pada link aplikasi rufus


Apabila ketiga peralatan diatas sudah ready saatnya anda memulai membuat bootable windows 10 dengan rufus di flashdisk.


Cara membuat bootable flashdisk windows 10

Kalau anda sudah siap sekarang kita mulai membuat bootable flashdisk windows 10 ikuti panduannya secara teliti dan tidak ada yang terlewatkan
  1. Langkah pertama silahkan tancapkan terlebih dahulu flashdisk pada USB komputer atau laptop anda.
  2. Sekarang silahkan jalankan program rufusnya hingga tampil seperti pada gambar dibawah ini. pada kolom device pastikan flashdisk anda sudah terbaca pada kotak tersebut.

    Bootable Flashdisk Windows 10 dengan rufus

  3. Pada langkah 3 klik pada tombol Select untuk mencari file instaler windows 10 yang sudah anda download. Pastikan file windows 10 yang anda download sudah bentuk iso.


  4. Berikutnya pada menu Partitionn Scheme sudah sama dengan komputer anda. Silahkan klik pilih GPT atau MBR untuk jenis instalasinya. Jika sudah silahkan klik tombol Start untuk memulai proses membuat bootable windows 10
    Untuk mengetahui GPT atau MBR komputer silahkan baca panduannya disini.


  5. Jika ada peringatan seperti dibawah ini klik OK saja. Untuk melanjutkan proses pembuatan bootable windwosnya.


  6. Silahan tunggu prosesnya pada tombol hijau yang berjalan. Jika ada peringatan seperti dibawah ini silahkan klik Close.


  7. Jika berhasil tampilan rufus akan seperti pada gambar dibawah ini. Ada kata Ready pada bagian proses yang berwarna hijau.


Cara buat bootable windows 10 di flashdisk telah berhasil anda lakukan. Jika sudah flashdisk siap di keluarkan dan dicoba pada computer atau laptop yang akan di install flashdisnya.


Sebelum install windows 10

Jika anda baru belajar atau belum terlalu pengalaman dalam menginstal windows ada baiknya data-data yang ada di computer diamankan terlebih dahulu agar jika terjadi apa-apa data jadi terselamatkan.

Untuk mendukung proses instalasi computer anda baiknya and baca artikel dibawah ini untuk mendukung dan mensukseskan pekerjaan anda.



Semoga panduan diatas bisa membantu anda untuk memperbaiki komputer anda yang telah rusak windowsnya.

Apabila ada pertanyaan mengenai cara membuat bootable windows ini anda bisa menuliskannya pada kolom komentar dibawah ini

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 (Terbaru)"